3 Pilihan Jalur Seleksi dan Syarat Masuk PPI Madiun

Syarat Masuk PPI Madiun – Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun atau biasa disebut PPI Madiun ini adalah perguruan tinggi vokasi negeri (kedinasan) di bawah naungan Kementerian Perhubungan yang berlokasi di Kota Madiun, Jawa Timur.

Lulusan PPI Madiun nantinya berpotensi tinggi untuk mengabdi di pemerintahan, namun tidak hanya itu saja karena lulusannya juga akan sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan bidang perkeretaapian nasional dan juga internasional. Dengan begitu, lulusannya bisa berkiprah di tingkat global.

Sekolah kedinasan perkeretaapian ini sudah mengantongi akreditasi “Baik Sekali” berdasarkan Surat Keputusan 294/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2022. Akreditasi sendiri merupakan indikator penting yang berguna untuk menentukan pilihan institusi pendidikan di tingkat yang lebih tinggi sebagai pengukur kualitas pendidikannya.

Baca juga: Ingin Jadi Intelijen dengan Lanjut di STIN? Apa Saja Jurusan STIN?

Jalur Seleksi PPI Madiun

syarat masuk PPI madiun

Setiap tahunnya PPI Madiun membuka 3 pilihan jalur masuk yang bisa disesuaikan bagi calon Taruna (CATAR) yang ingin masuk di Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun. Berikut 3 pilihan jalurnya:

1.    Jalur Pola Pembibitan

Pola Pembibitan atau Polbit diperuntukkan bagi Lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat yang akan mendapatkan jaminan langsung diangkat menjadi CPNS setelah lulus nanti dan ditempatkan di PEMDA & Kemenhub. Selama pendidikannya, tidak dibebankan biaya pendidikan. Peserta nantinya harus lolos berbagai tahap seleksi, salah satunya SKD.

2.    Jalur Reguler

Diperuntukkan bagi Lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat, jalur ini tidak ada tahapan seleksi SKD, namun untuk tahapan lainnya ada. Untuk biaya pendidikan, akan ditanggung oleh masing-masing Taruna dan sebagian masih bisa mendapatkan subsidi dari pemerintah. Lulusannya tidak langsung menjadi CPNS dan harus mendaftar mandiri untuk ikut CPNS

3.    Jalur Mandiri

Diperuntukkan bagi Lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat, nantinya Taruna/Taruni jalur ini akan lebih difokuskan untuk siap menjadi SDM di bidang industri. Seluruh biaya (Akademik & Non Akademik) dibebankan kepada Taruna/Taruni dan tidak mendapat subsidi dari negara. Lulusannya pun tidak langsung menjadi CPNS.

Baca juga: Informasi Lengkap Seputar Sekolah Kedinasan Cyber Security Politeknik SSN

Syarat Masuk PPI Madiun

PPI Madiun membuka 3 pilihan program studi, dan setiap program studinya menerapkan persyaratan yang berbeda untuk penerimaan Taruna baru. Berikut syarat-syaratnya:

1.       D-III Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian (TBJP)

Lulusan SMA/MA IPA sederajat, SMA Kurikulum Merdeka Kelompok Mata Pelajaran MIPA (Matematika dan Fisika), SMK/MAK Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial.

Di tahun 2024 lalu, program studi ini menerima formasi Pola Pembibitan Kemenhub sebanyak 10 (sepuluh) Taruna/Taruni.

2.       D-III Teknologi Elektro Perkeretaapian (TEP)

Lulusan SMA/MA IPA sederajat, SMA Kurikulum Merdeka Kelompok Mata Pelajaran MIPA (Matematika dan Fisika), SMK/MAK Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi.

Di tahun 2024 lalu, program studi ini menerima formasi Pola Pembibitan Kemenhub sebanyak 10 (sepuluh) Taruna/Taruni

3.       D-III Manajemen Transportasi Perkeretaapian (MTP)

Lulusan SMA/MA IPA/IPS Sederajat, SMA Kurikulum Merdeka Kelompok Mata Pelajaran MIPA/IPS, SMK/MAK Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, Bisnis dan Pemasaran, Akuntansi dan Keuangan, Logistik.

Di tahun 2024 lalu, program studi ini menerima formasi Pola Pembibitan Kemenhub sebanyak 5 (lima) Taruna/Taruni.

4.       D-III Teknologi Mekanika Perkeretaapian (TMP)

Lulusan SMA/MA IPA/Sederajat, SMA Kurikulum Merdeka Kelompok Mata Pelajaran MIPA (Matematika dan Fisika) dan Sederajat, SMK/MAK Program Keahlian Jurusan Teknik Otomotif, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Energi Terbarukan, Teknik Perkapalan dan Teknologi Pesawat Udara kecuali Aircraft Electricity dan Aviation Electronics.

Di tahun 2024 lalu, program studi ini menerima formasi Pola Pembibitan Kemenhub sebanyak 10 (sepuluh) Taruna/Taruni.

Demikian 3 pilihan jalur seleksi dan syarat masuk PPI Madiun. Tertarik untuk masuk di sekolah kedinasan perkeretaapian ini? Yuk persiapkan diri untuk ikut seleksinya dengan ikut bimbel kedinasan di Indonesia College. Kamu akan dapat materi lengkap prediktif yang mirip BKN, ada Kesamapaannya juga, lho. Langsung daftarkan diri di sini dan gabung dengan ribuan siswa lain yang sudah berhasil lolos yuk!

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *