3 Jurusan Politeknik Industri Petrokimia Banten, Belajar Apa Saja?

Jurusan Politeknik Industri Petrokimia Banten – Politeknik Industri Petrokimia Banten merupakan salah satu perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Perindustrian RI. Pendiriannya ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 29 Tahun 2022. Masih tergolong baru, Politeknik ini menyelenggarakan program studi jenjang Diploma III dengan program studi:

  • Teknologi Proses Industri Petrokimia
  • Teknologi Mesin Industri Petrokimia
  • Teknologi Instrumentasi Industri Petrokimia

Mahasiswanya dipersiapkan untuk menjadi SDM unggul yang siap bekerja di industri Petrokimia. Kurikulum pendidikannya menerapkan komposisi 70% praktikum dan 30% teori yang selalu disesuaikan dengan perkembangan industri 4.0 dan model pembelajaran dual system (sistem ganda) yang link and match dengan industri.

Poltek Petrokimia bekerja sama dengan mitra industri secara intensif sejak proses penyusunan kurikulum, rekrutmen mahasiswa, praktik kerja industri sampai dengan penempatan kerja di perusahaan industri.

Jurusan Politeknik Industri Petrokimia Banten

Jurusan Politeknik Industri Petrokimia Banten

Terdapat 3 pilihan jurusan di Poltek Petrokimia, antara lain:

1.    D3 Teknologi Mesin Industri Petrokimia

Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari dasar-dasar teknik mesin, mulai dari mekanika, termodinamika, fluida mekanik, pemodelan sistem, dan kontrol mesin. Mahasiswa jurusan ini akan dilatih untuk bisa merancang, mengembangkan, dan juga memelihara peralatan dan proses produksi yang digunakan dalam industri petrokimia.

Selama perkuliahannya, mahasiswa akan belajar proses produksi, bahan baku yang digunakan, standar keselamatan, dan peraturan lingkungan dalam industri petrokimia. Lalu pembelajaran lainnya antara lain:

  • Peran teknologi mesin dalam mendukung proses produksi dan pengembangan produk petrokimia juga akan dipelajari mahasiswa jurusan ini.
  • Mempelajari prinsip-prinsip desain peralatan untuk aplikasi dalam industri petrokimia, contohnya desain sistem perpipaan, pompa, kompresor dan alat lainnya
  • Mempelajari strategi pemeliharaan peralatan untuk memastikan operasi yang akan dan efisien
  • Mempelajari standar keamanan industri, regulasi lingkungan dan praktik terbaik dalam industri petrokimia
  • Tidak lupa juga keselamatan kerja, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap peraturan lingkungan dalam operasi industri petrokimia.

2.    D3 Teknologi Proses Industri Petrokimia

Mahasiswa jurusan ini akan belajar merancang, mengelola, dan mengoptimalkan proses produksi dalam industri petrokimia. Jurusan ini menekankan pada pengembangan pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip kimia, teknik proses, dan teknologi terkini yang digunakan di industri petrokimia. Hal-hal lain yang akan dipelajari jurusan ini antara lain:

  • Konsep-konsep kimia dasar, termasuk reaksi kimia, termokimia, termodinamika kimia, kinetika reaksi, dan prinsip-prinsip pemisahan
  • Belajar sensor, pengukuran, sistem kendali otomatis, dan teknologi informasi yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas produk.
  • Jurusan ini juga akan menekankan pentingnya keselamatan kerja dan keberlanjutan lingkungan dalam industri petrokimia, tentang standar keselamatan industri, manajemen risiko, pemantauan polusi, dan praktik terbaik untuk mengurangi dampak lingkungan dari proses produksi.

Tujuan jurusan ini adalah menghasilkan lulusan yang siap terjun di dunia industri petrokimia dengan pemahaman yang mendalam tentang teknologi dan proses produksi. Perannya pun banyak, mulai dari perancangan proses, pengawasan produksi, manajemen kualitas, dan pengembangan produk baru dalam industri petrokimia yang sangat dinamis dan kompleks.

Mayoritas pembelajarannya akan mencakup proyek-proyek penelitian atau pengembangan produk dan  magang di industri petrokimia. Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari dalam lingkungan kerja nyata, dan bisa juga untuk memperluas jaringan profesional.

3.    D3 Teknologi Instrumentasi Industri Petrokimia

Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari seputar instrumentasi, pengukuran, pengendalian proses, dan otomasi industri. Berbagai instrumen dan perangkat keras seperti pengukuran tekanan, suhu, aliran, tingkat dan komposisi juga harus dipelajari.

Standar keselamatan kerja, regulasi lingkungan, dan praktik terbaik dalam merancang dan mengoperasikan sistem instrumentasi untuk meminimalkan risiko kecelakaan dan dampak lingkungan negatif juga akan dipelajari. Mahasiswa jurusan ini juga akan mengoptimalkan pembelajaran dengan mengikuti praktik industri, magang, atau proyek kolaboratif dengan perusahaan petrokimia.

Demikianlah 3 pilihan jurusan Politeknik Industri Petrokimia Banten yang berada di jenjang diploma III. Bagaimana, tertarik untuk melanjutkan di kampus ini?

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *