10 Pilihan Sekolah Pelayaran Terbaik di Indonesia, Ada Program Ikatan Dinas!

Sekolah Pelayaran Terbaik di Indonesia – Terinspirasi untuk menjadi seorang pelayar? Tentunya kamu perlu mempersiapkan banyak ilmu untuk bisa menjadi pelayar yang handal nantinya. Kamu bisa melanjutkan pendidikan di sekolah pelayaran untuk mendapat bekal yang sesuai. Nah, berikut rekomendasi sekolah-sekolah pelayaran terbaik di Indonesia yang bisa jadi pilihan kamu.

10 Sekolah Pelayaran Terbaik di Indonesia

Rekomendasi sekolah pelayaran ini berisi sekolah kedinasan pelayaran di bawah naungan Kementerian Perhubungan, yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Ada sekolah pelayaran apa saja?

1.    Politeknik Ilmu Pelayaran atau PIP Makassar

PIP Makassar berlokasi di Jl. Tentara Pelajar No.173, Malimongan Tua, Kec. Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90165. Untuk program pendidikan yang dilaksanakan PIP Makassar adalah jenjang Diploma 4, dengan 3 pilihan program studi yakni: Nautika, Teknika dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

2.    Politeknik Ilmu Pelayaran atau PIP Semarang

PIP Semarang menjadi salah satu sekolah kedinasan di bidang Pelayaran dan Kepelabuhanan tertua dan sudah ada sejak Indonesia belum merdeka. Untuk lokasinya ada di Jl. Singosari Raya No.2A, Wonodri, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50242.

Untuk program pendidikan yang dibuka sama dengan PIP Makassar, yakni D4 Nautika, D4 Teknika dan D4 Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

3.    Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Sorong

Sekolah pelayaran selanjutnya berlokasi di Papua Barat, tepatnya di jl.tanjung No.1, Saoka, Distrik Sorong Barat, Kota Sorong, Papua Barat Daya, 98412. Untuk program studinya ada 3, yakni D3 Nautika, D3 Permesinan Kapal, dan D3 Manajemen Transportasi Laut.

Baca juga: Mau Lanjut Kuliah di Surabaya? Ini 3 Pilihan Sekolah Kedinasan di Surabaya

4.    Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara

Selanjutnya ada Poltekpel Sulawesi Utara yang berlokasi di Jl. Trans Sulawesi KM.80 desa Tawaang kecamatan Tenga, Kec. Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara 95355. Jenjang pendidikannya adalah Diploma 3, dan tersedia 3 pilihan jurusan yakni Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

5.    Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Banten

Lalu sekolah pelayaran Poltekpel Banten, yang lokasinya ada di ujung barat pulau Jawa. Lokasinya berada di Jl. Raya No.1, Karang Serang, Sukadiri, Tangerang Regency, Banten 15330. Ada 3 pilihan jurusan yang tersedia di Poltekpel Banten, yakni D3 Nautika, D3 Permesinan Kapal, dan D3 Manajemen Transportasi Laut.

6.    Politeknik Pelayaran Barombong

Poltekpel Barombong ini merupakan sekolah kedinasan pelayaran yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan. Tepatnya ada di Jl. Permandian Alam No.1, Barombong, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90225. Pilihan program studinya juga ada 3, dengan jenjang D3 yakni Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

7.    Politeknik Pelayaran Malahayati

Selanjutnya ada sekolah pelayaran yang letaknya ada di ujung utara pulau Sumatera, yakni di Aceh. Lokasi tepatnya ada di Jl. Laksamana Malahayati No.Km.19, RW.No.12, Durung, Kec. Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 23381.

Kemudian untuk pilihan program studinya ada 3, dengan jenjang Diploma 3, yakni Nautika, Permesinan Kapal dan Sistem Kelistrikan Kapal.

8.    Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Poltekpel Sumbar ini berlokasi di Padang Pariaman, dengan detail lokasi Jl. Syekh Burhanuddin No.1, Korong Tiram, Kec. Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat 25572. Pilihan program studinya ada D3 Nautika, D3 Teknologi Nautika, dan D4 Transportasi Laut.

9.    Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Surabaya

Poltekpel Surabaya juga bisa jadi pilihan kalau kamu berlokasi di sekitar Surabaya. Lokasi tepatnya ada di Jl. Gunung Anyar Boulevard No.1, Gn. Anyar, Kec. Gn. Anyar, Surabaya, Jawa Timur 60294. Lalu untuk pilihan jurusannya adalah D4 Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal, D4 Teknologi Rekayasa Operasi Kapal, D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal, D4 Transportasi Laut, D3 Elektro Pelayaran, dan D3 Nautika.

10.  Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran atau STIP Jakarta

Kalau kamu ingin melanjutkan pendidikan di Jakarta, STIP Jakarta ini bisa jadi pilihan. Lokasinya ada di Jl. Marunda Makmur, RT.1/RW.1, Marunda, Kec. Cilincing, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14150. Lalu untuk pilihan jurusannya semua ada di jenjang D4, yakni Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

Demikianlah 10 rekomendasi sekolah pelayaran terbaik di Indonesia. Pilihan tersebut menyediakan ikatan dinas, dan tentu persaingannya sangat ketat. Yuk persiapkan diri untuk bisa lolos seleksi dan jadi Taruna pelayaran di sekdin impian kamu dengan ikut Bimbel Kedinasan Dephub di Indonesia College. Kamu akan dapat materi lengkap prediktif. Ribuan siswa sudah jadi saksinya, yuk jangan sampai ketinggalan!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

One Reply to “10 Pilihan Sekolah Pelayaran Terbaik di Indonesia, Ada Program Ikatan Dinas!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *